Naxs samurai

Sunday, November 11, 2007

RESENSI BUKU

Judul : Evaluasi Program

Pengarang : DR. Farida Yusuf Tayibnapis, M.Pd

Penerbit : Rineka Cipta, Jakarta

Tahun : 2000

Jumlah : Xii + 195

Harga : Rp. 24.000,00

Penulis : Moh. Amin Nasrullah

Evaluasi adalah hal yang sangat penting keberadaannya bagi sebuah program. Manfaat evaluasi adalah untuk melihat sejauh mana sebuah program dapat mencapai apa yang diharapkan. Semua hal dalam kehidupan ini dapat di evaluasi.

Dalam dunia pendidikan, obyek evaluasi yang sangat sering kita dengar adalah siswa dan mahasiswa. Mereka adalah sebagian dari obyek evaluasi. Pada dasarnya hampir semua unit training adalah obyek evaluasi. Namun secara umum dan sering kita dengar di Indonesia yang diosebut obyek penelitian adalah siswa dan mahasiswa, padahal bukan hanya itu saja.

Evaluasi memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Tanpa adanya evaluasi maka sebuah program pendidikan akan sulit diketahui keberhasilannya. Jika sudah demikian maka akan sulit juga mengambil keputusan untuk mengarahkan pendidikan terebut kearah yang lebih baik.

Evaluasi berguna bagi semua pihak yang terkait. Misalnya evaluasi program pendidikan, evaluasi ini akan bermanfaat dan sangat diperlukan bagi orang tua, kepala sekolah, dan pihak yang berwenang terhadap dunia pendidikan. Dengan adanya evaluasi orang tua bisa mengetahui sejauh mana sekolah telah melaksanakan programnya untuk memberikan pelayanan terhadap anaknya. Bagitu pula bagi para birokrat pendidikan, mereka akan dapat menentukan kebijakan apa yang harus diambil.

Buku yang di tulis oleh DR. Farida Yusuf Tayibnapis, M. Pd menjelaskan banyak tentang evaluasi program pendidikan. Beliau dengan sangat cerdas membahas mengenai evaluasi program dengan didasari oleh pendapat para ahli pendidikan. Didalam buku ini kita tidak hanya mendapatkan pendapat dari para ahli evaluasi pendidikan dari satu sudut saja, tetapi beliau mengutip dari beberapa pendapat para ahli dan kemudian kita dapat

menemukan yang kita cari dari pendapat-pendapat tersebut tentang pentingnya sebuah evaluasi program. Artinya kita tidak hanya mengetahui satu pendapat saja tetapi dapat mengetahui banyak pendapat untuk kemudian kita simpulkan sendiri.

Dalam buku ini kita juga bisa menemukan contoh-contoh yang juga bisa lebih memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap meteri yang disampaikan. Selain memberikan pemahaman tentang evalusai, dalam buku ini juga diberikan cara-cara untuk menyimpulkan dan menganalisis informasi yang kemudian dijadikan landasan untuk pengambilan keputusan.

Buku ini sangat penting untuk dibaca oleh mahasiswa kependidikan, guru, dosen, dan para pejabat yang membuat kebiujakan dalam bidang kepemdidikan, serta para pemerhati dunia pendidikan. Buku ini sudah sangat lengkap sehinga dengan hanya membaca buku ini sudah akan mendapatkan pemahaman yang memadai tentang evaluasi program, khususnya evaluasi program pendidikan

No comments: